HyMeRa Production

Selamat Datang, Welcome, Assalamu'alaikum ahlan wa sahlan, ようこそ , Hoan nghênh, Xush kelibsiz, Laskavo proschmo, Le amogetswe, ยินดีต้อนรับ, Maligayang pagdating, வாங்க, Wilkomme, Välkomna, Bienvenidos, Karibu, Dobrodošli, Vitajte, Добро пожаловать, Bun venit, Bem-vindos, Velkommen, tavtai morilogtun, Salve, Қош келдіңіз!, 환영합니다, Benvenuti/e, सवागत हैं, Willkommen, Bienvenue, Vítáme vás, 歡迎光臨, 欢迎光临, Добре заварили, Dobrodošli, (translation by omniglot.com)

Senin, 07 Mei 2012

5 Cara Agar Bisa Menabung

Vemale.com - Niat untuk menabung sih ada, tapi entah mengapa setiap akhir bulan Anda kembali mendapati tidak ada sejumlah uang yang tersisa untuk ditabung. Ketimbang berhemat, seringkali tanpa sadar ada kebiasaan untuk menghabiskan sejumlah uang dengan harapan nanti akan ada pemasukan lagi untuk ditabung, padahal Anda tahu ini tidak benar. Yah, menabung memang tidak mudah, tapi ada trik-trik khusus agar Anda bisa bersemangat menabung.

Pikirkan saat tua

Saat-saat bekerja dan mulai sukses mungkin adalah saat terboros dalam hidup Anda, karena banyak sekali keinginan yang bisa Anda beli dengan uang sendiri tanpa harus minta persetujuan siapa pun. Cara agar bisa menabung di saat seperti itu adalah, ingat ketika Anda berusia 60 tahun ke atas nanti. Ingat untuk menabung di saat muda, agar saat tubuh melemah ada cukup biaya untuk terus hidup layak.

Sempatkan bayar hutang

Jadikan kebiasaan untuk membayar hutang dan tagihan-tagihan di awal bulan pada tanggal yang sama. Memang akan membuat gaji Anda langsung terlihat kecil, namun ini juga akan menjadi terapi bagi Anda untuk tidak lagi berhutang dan lebih menghemat pengeluaran. Selain itu, cara ini mencegah Anda lupa membayar tagihan.

Akui kesalahan

Anda sudah merencanakan penghematan agar bisa menabung, dan mungkin sudah menceritakannya pada teman-teman. Ketika di akhir bulan ke sekian Anda tidak kunjung berhasil menabung, biasanya akan sulit untuk mengakui bahwa ada yang salah dengan cara Anda mengatur keuangan. Semakin tidak diakui akan semakin menyulitkan Anda ketika harus menolak ajakan untuk shopping atau dinner dari teman-teman. So, akuilah dan perbaiki kesalahan Anda.

Memanjakan diri sendiri

Poin inilah yang sering disalah-artikan oleh sebagian besar orang. Memanjakan diri sendiri tidak berarti Anda boleh membeli apa pun itu yang Anda mau tanpa perencanaan. Cara memanjakan diri di sini adalah, Anda tentu sering memilih barang-barang murah ketimbang membeli barang mahal yang Anda inginkan. Padahal barang murah bisa membuat Anda membeli dalam jumlah banyak dan akhirnya menyebabkan pengeluaran yang semakin besar. Ijinkan diri Anda untuk membeli barang mahal setelah menabung sekian lama, tentu saja dengan perhitungan yang hati-hati.

Jangan ikuti sembarang saran

Ikuti saran yang benar-benar sesuai dengan kebiasaan dan cara berpikir Anda. Jika Anda orang yang suka koleksi sepatu mahal, berhemat tidak berarti dilarang koleksi sesuatu. Anda hanya perlu menyesuaikan cara menabung atau cara berhemat yang bisa membuat Anda tetap mengoleksi sepatu mahal. Jika tidak menemukan saran yang tepat, Anda bisa memikirkan sendiri cara menabung yang paling sesuai. (vem/miw)

Sumber :  http://www.vemale.com/relationship/karier/8672%20-5-cara-agar-bisa-menabung.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hanya manusia yang berkomentar baik dan sopan. sedangkan hanya binatang yang berkomentar buruk dan tidak memikirkan perasaan dan tidak menghargai orang lain... Trima kasih....