HyMeRa Production

Selamat Datang, Welcome, Assalamu'alaikum ahlan wa sahlan, ようこそ , Hoan nghênh, Xush kelibsiz, Laskavo proschmo, Le amogetswe, ยินดีต้อนรับ, Maligayang pagdating, வாங்க, Wilkomme, Välkomna, Bienvenidos, Karibu, Dobrodošli, Vitajte, Добро пожаловать, Bun venit, Bem-vindos, Velkommen, tavtai morilogtun, Salve, Қош келдіңіз!, 환영합니다, Benvenuti/e, सवागत हैं, Willkommen, Bienvenue, Vítáme vás, 歡迎光臨, 欢迎光临, Добре заварили, Dobrodošli, (translation by omniglot.com)

Kamis, 19 April 2012

Strategi Sukses Berdiet

Permen, karbohidrat, ngemil di tengah malam adalah beberapa guilty pleasure yang kerap kali bikin diet jadi gagal. Coba simak baik-baik, strategi diet ala FITNESS yang bisa membantu Anda turun bobot dengan cepat. Mau?
Konsep perlahan tapi pasti adalah strategi diet yang selama ini dianggap orang selalu berhasil. Namun fakta mengungkap hal berbeda, seperti hasil penelitian University of Florida. Penelitian tersebut menemukan bahwa mereka yang merencanakan mempercepat diet, justru lebih berhasil menurunkan berat badan 10% lebih banyak ketimbang yang berdiet dengan lambat. Patricia Bannan, R.D., penulis buku Eat Right When Time Is Tight bertutur, “Tidak buru-buru melihat timbangan, justru menjadi alasan nomor satu para wanita mudah menyerah dalam menurunkan berat badan.” Tunggu sebentar! Jangan langsung menyerah dengan berhenti minum jus sehat Anda. Diet yang terlalu ketat menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi sehingga Anda lemas dan mengalami rasa lapar berlebihan. Inilah strategi ampuh yang bisa membantu Anda menaklukan “godaan” diet terbesar. Strategi ini akan membuat Anda langsing lebih cepat namun tetap aman. Cobalah strategi diet tanpa lapar ini yang bisa menyelamatkan Anda dari keinginan makan berlebihan.

GODAAN DIET: TAK BISA “HIDUP” TANPA NASI ATAU KARBOHIDRAT
Mungkin pria tidak bisa hidup tanpa karbohidrat, tapi wanita bisa. Elizabeth Somer, R.D., penulis Eat Your Way to Sexy, mengatakan makanan yang kaya akan karbohidrat seperti nasi dan kentang dapat meningkatkan zat serotonin yang menstimulasi perasaan bahagia ke otak. Penelitian menunjukkan, mengurangi asupan karbohidrat menjadikan kalori kosong, justru memperlambat metabolisme tubuh.
Trik mengurangi asupan karbohidrat dan cepat langsing:
Power up your diet. Protein membutuhkan banyak energi untuk dicerna dibandingkan karbohidrat dan membantu membentuk otot, sehingga membuat “mesin” di dalam tubuh terus bekerja. Para peneliti di Denmark menemukan asupan protein yang menggantikan karbohidrat sehari-hari, dapat membantu menurunkan berat badan. Heather Bauer, R.D., penemu Nu-Train dan seorang konsultan nutrisi di New York City menyarankan untuk menambah protein sebanyak 50 gram dalam sehari. Bannan menyarankan konsumsi lebih banyak telur, daging tanpa lemak, atau ikan sebagai menu makan.
Be picky. Ganti nasi dengan beras merah karena mengandung lebih banyak vitamin, mineral dan serat. Begitu pula roti dan pasta, pilihlah yang terbuat dari gandum. Sebuah penelitian dari Wake Forest University School of Medicine di Winston-Salem, North Carolina, mengungkap, mereka yang makan lebih banyak serat dapat mengurangi lemak di bagian perut sehingga efektif mengurangi risiko penyakit diabetes dan jantung.
Time it right. Ganti sarapan Anda dengan karbohidrat yang lebih sehat seperti oatmeal atau whole-grain toast. Anda cenderung tidak ingin ngemil karena sarapan yang kaya akan serat dapat membuat otak bekerja memilih makanan sehat lain yang akan Anda konsumsi sepanjang hari.

GODAAN DIET: ANDA DOYAN JUNK FOOD
Kebiasaan melahap semua biskuit tidak sepenuhnya salah. Penelitian menunjukkan makanan seperti keripik, dan permen memiliki zat adiktif. “Makanan tersebut punya banyak gula, lemak, dan garam sehingga otak Anda menstimulasi untuk terus makan,” tutur Bauer.
Trik mengubah kebiasaan dan mengurangi angka timbangan secepatnya:
Budget sweets. Kurangi jumlah junk food dalam seminggu menjadi 2 porsi. Setiap 2 minggu sekali, kurangi lagi jumlahnya. “Jika secara perlahan dikurangi, maka Anda tak akan merasa kekurangan,” ujar Ruth Frechman, R.D., juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics.
Make smart swaps. Cari pengganti makanan favorit dengan yang lebih sehat. Ganti es krim dengan low fat frozen yoghurt, keripik dengan sayuran segar, kentang goreng dengan ubi panggang, saran Bauer.
Turn on your diet GPS. Modifikasi rute perjalanan untuk menghindari penjual makanan. Bauer bercerita, “Ketika turun dari stasiun subway yang biasa saya lalui, selalu terlihat toko cupcakes dan kedai pizza. Tapi bila berhenti di stasiun selanjutnya, tidak ada restoran sama sekali jadi saya tidak memikirkan makanan.” Kita juga dapat memilih lewat jalan tol daripada jalan biasa.

GODAAN DIET: ANDA PECINTA COKELAT
Somer mengatakan cokelat punya ratusan senyawa yang menstimulasi otak agar merasa lebih bahagia usai menyantapnya. Cokelat memang makanan yang paling diinginkan dan disukai para wanita.
Trik mengatasi ingin ngemil makanan manis sambil turunkan bobot:
Sarapan seimbang. Telur, roti gandum panggang dan buah dapat mengatasi rasa lapar sehari penuh.
Go natural. Tambah setidaknya 1 jenis buah atau sayur yang bercita rasa manis dalam setiap makanan agar mengurangi keinginan ngemil makanan manis. Sebagai dessert, makan mangga. “Buah ini memiliki rasa yang lebih manis daripada buah lain dan teksturnya yang creamy terasa lezat,” jelas Bannan.
Take a hike. Ketika cokelat terasa terus “memanggil”, abaikan. Sebuah penelitian di jurnal Appetite mengungkap selama 15 menit efektif mengurangi keinginan makan cokelat.
Be a connoisseur. Beli barang berkualitas. “Makan 1 batang cokelat berkualitas jauh lebih memuaskan daripada kualitas lebih rendah karena rasanya tidak sekaya dan senikmat cokelat berkualitas tinggi,” ujar Somer. Nikmati cokelat dengan semangkuk strawberry, dan Anda akan merasa kenyang.

GODAAN DIET: SUKA NGEMIL MALAM HARI
Sepanjang hari Anda berhasil melewati berbagai “godaan”. Lalu tiba-tiba ada sekotak es krim. Berdasar survei FITNESS, fakta menunjukkan 31% wanita lebih banyak ngemil setelah makan malam dibanding waktu lain.
Trik berhenti pergi ke dapur di tengah malam dan mulai menurunkan berat badan:
Take a crack at eggs. Sarapan adalah hal paling penting. “Jika tubuh tidak disuplai cukup, maka akan terus ‘lapar mata’ terutama pada malam hari,” jelas Bannan. Sarapan seimbang dengan telur, roti gandum panggang dan buah akan mengatasi rasa lapar sepanjang hari.
Delay dinner. “Tunda makan malam jadi pukul 8 atau 9,” anjur Bauer. Makan sepotong buah sebelum olahraga lalu mulai makan malam. Anda tidak akan merasa lapar hingga esok pagi.
Switch your kitch. Isi kulkas dengan makanan sehat, jadi ketika membuka kulkas Anda langsung melihat makanan sehat, seperti low fat yoghurt, atau strawberry. Ketika ngemil, paksa diri untuk makan di atas meja makan, bukan di depan TV atau komputer. “Tiap suapan yang tidak Anda sadari memiliki 25 kalori,” jelas Somer.

GODAAN DIET: MAKAN UNTUK MENGATASI PROBLEM STRES
Anda menggunakan makanan sebagai pelampiasan perasaan yang dirasakan. “Biasanya emotional eaters mengonsumsi makanan tinggi lemak, dan gula untuk memberi kepuasan agar tidak merasakan perasaan negatif yang tidak dialami,” sebut Judith Beck, Ph.D., pakar cognitive behaviour therapy dan penulis buku The Beck Diet Solution. “Mereka menganggap makan adalah satu-satunya cara mengurangi stres dan memperbaiki mood.”
Trik bebas stres tanpa harus makan makanan berlemak dan dapat mengurangi berat badan dengan cepat:
Soothe your inner cranky-pants. Catat semua makanan yang dikonsumsi. “Pada kolom 1, tulis yang sudah Anda makan. Di kolom 2 tulis perasaan Anda, dan di kolom 3 beri skala tingkat lapar mulai dari skala 1 hingga 5,” saran Valerie Berkowitz, R.D., penulis The Stubborn Fat Fix. Ketika melihat situasi perasaan Anda saat itu, alihkan dengan hal lain seperti menelepon teman atau bersepeda misalnya.
Use the buddy system. Anda pasti punya teman yang bisa diajak sharing tanpa harus melahap cheese cake, bukan? Beck menyarankan, setelah putus cinta atau hari yang berat di kantor, Anda bisa latihan lari untuk meningkatkan mood. Percaya deh, berlari akan membuat stamina tubuh jadi lebih baik, mood lebih bersemangat sehingga Anda merasa lebih kuat menghadapi tantangan.
Rethink rewards.Di berbagai budaya dan negara, biasanya perayaan hari besar selalu melibatkan makanan khas masing-masing. Hal ini dikontrol dengan mengunjungi sahabat atau pergi ke tempat relaksasi daripada cuma memikirkan makanan. Ketika berhasil melewati tantangan, dapatkan grand prize yaitu berat badan turun dan Anda jadi lebih langsing serta bugar. (fitness/)
Source: Fitness Magazine, Edisi Maret 2012, Halaman 79
http://www.vemale.com/kesehatan/12611-strategi-sukses-berdiet.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hanya manusia yang berkomentar baik dan sopan. sedangkan hanya binatang yang berkomentar buruk dan tidak memikirkan perasaan dan tidak menghargai orang lain... Trima kasih....